Thursday, January 4, 2018

TIPS PERAWATAN AKI PULSAR

TIPS PERAWATAN AKI PULSAR

Emang accu Pulsar itu kayak apa sih kok perlu kenalan segala? Bukannya sama aja ya ama accu-accu yang lain? Pada dasarnya sama, yang namanya accu, ya, begitu, tapi kan jenis accu ada banyak, ada yang basah dan ada yang kering atau biasa disebut accu MF (maintenance frre). Nah, di situ terlulis “Maintenance Free”, di aki bawaan pulsarnya lur tapi, pada kenyataannya, accu Pulsar tidak Full Maintenance Free. Lho, kenapa begitu? Karena walaupun maintenance free, tapi di badan aki masih ada tulisan “Max” dan “Min” sebagai penanda ketinggian air accu. Lha terus accu Pulsar itu accu kering apa basah? Jawabnya, KAGAK PENTING. Yang penting, kita paham karakter accu Pulsar biar perawatannya tepat guna. gue pribadi Putra Bosco #78 aki standar cuman awet 2 tahun 9 bulan. hehe udah ganti pake aki GS astra. lanjut lagi ah..

Kekurang tauan pemilik Pulsar biasaya jadi penyebab umur accu jadi lebih pendek. Karena menganggap maintenance free, akhirnya kagak pernah ngecek ketinggian air accu, alhasil, soaklah accu-nya. Pernah ada teman yang motornya kagak bisa starter dengan tanda-tanda accu gak bisa ngangkat starter motor. Setelah gw tanya, ternyata dari pertama dia punya Pulsar, air accu nya kagak pernah dicek dan diisi lagi. Gw saranin buat nyari tukang cas/charge accu, dan ternyata analisis gw bener, itu accu airnya udah di bawah batas “Min”. Akhirnya diisi air accu lagi dan dicas, hasilnya, starter motor kembali “greng”. Nah, sebenernya karakter accu Pulsar itu kayak apa sih? Karakter accu Pulsar itu accu basah tapi minim perawatan. Kok bisa begitu? Soalnya, penguapan airnya sangat minim dibanding accu basah pada umumnya. Kalo di accu basah ada selang pembuangan, nah, di accu Pulsar ini gak ada, adanya lubang pernafasan. Kalo kita gulingkan, air accu gak akan keluar lewat lubang itu, tapi keluar dari lubang sealer. Nah, inilah yang bikin accu Pulsar gak perlu sering-sering nambah air. Trus, gimana cara ngerawat accu Pulsar? Buat ngerawat accu Pulsar gampang, tiap dua bulan sekali cek ketinggian airnya, kalo kurang, tambahin. Nah, kalo kita rutin ngelakuin ini, accu pasti awet, dengan catatan, gak banyak tambahan aksesoris kelistrikan ya. Kalo aksesoris kelistrikan banyak gimana lur ? Ya pengecekannya harus lebih sering, misalnya jadi sebulan sekali. Berikut ini tahap-tahap ngisi air di accu Pulsar. Intinya sih sama, kalo aki basah itu harus buka tutup lubang pengisian, ini cuma ngebuka sealer doang.

- Lepas accu dari motor dan lihat ketinggian air accu.

- Buka sealer penutup lobang pengisian air accu dengan cara ditarik.

- Isi airnya pake yang botol (tutup botol) warna biru, jangan yang merah.

- Setelah diisi, tutup kembali sealer lubang pengisian air accu. masa ga ditutup. wkwkw

- Accu siap dipasang lagi di motor.

 Semoga bermanfaat nya lur.. hehe...

No comments:

Post a Comment