TIPS PERAWATAN AKI PULSAR
Emang accu Pulsar itu kayak apa sih kok perlu kenalan segala?
Bukannya sama aja ya ama accu-accu yang lain? Pada dasarnya sama, yang
namanya accu, ya, begitu, tapi kan jenis accu ada banyak, ada yang
basah dan ada yang kering atau biasa disebut accu MF (maintenance
frre). Nah, di situ terlulis “Maintenance Free”, di aki bawaan
pulsarnya lur tapi, pada kenyataannya, accu Pulsar tidak Full
Maintenance Free. Lho, kenapa begitu? Karena walaupun maintenance free,
tapi di badan aki masih ada tulisan “Max” dan “Min” sebagai penanda
ketinggian air accu. Lha terus accu Pulsar itu accu kering apa basah?
Jawabnya, KAGAK PENTING. Yang penting, kita paham karakter accu Pulsar
biar perawatannya tepat guna. gue pribadi Putra Bosco #78 aki standar
cuman awet 2 tahun 9 bulan. hehe udah ganti pake aki GS astra. lanjut
lagi ah..
Kekurang tauan pemilik Pulsar biasaya jadi penyebab umur accu
jadi lebih pendek. Karena menganggap maintenance free, akhirnya kagak
pernah ngecek ketinggian air accu, alhasil, soaklah accu-nya. Pernah
ada teman yang motornya kagak bisa starter dengan tanda-tanda accu gak
bisa ngangkat starter motor. Setelah gw tanya, ternyata dari pertama
dia punya Pulsar, air accu nya kagak pernah dicek dan diisi lagi. Gw
saranin buat nyari tukang cas/charge accu, dan ternyata analisis gw
bener, itu accu airnya udah di bawah batas “Min”. Akhirnya diisi air
accu lagi dan dicas, hasilnya, starter motor kembali “greng”. Nah,
sebenernya karakter accu Pulsar itu kayak apa sih? Karakter accu Pulsar
itu accu basah tapi minim perawatan. Kok bisa begitu? Soalnya,
penguapan airnya sangat minim dibanding accu basah pada umumnya. Kalo
di accu basah ada selang pembuangan, nah, di accu Pulsar ini gak ada,
adanya lubang pernafasan. Kalo kita gulingkan, air accu gak akan keluar
lewat lubang itu, tapi keluar dari lubang sealer. Nah, inilah yang
bikin accu Pulsar gak perlu sering-sering nambah air. Trus, gimana cara
ngerawat accu Pulsar? Buat ngerawat accu Pulsar gampang, tiap dua
bulan sekali cek ketinggian airnya, kalo kurang, tambahin. Nah, kalo
kita rutin ngelakuin ini, accu pasti awet, dengan catatan, gak banyak
tambahan aksesoris kelistrikan ya. Kalo aksesoris kelistrikan banyak
gimana lur ? Ya pengecekannya harus lebih sering, misalnya jadi sebulan
sekali. Berikut ini tahap-tahap ngisi air di accu Pulsar. Intinya sih
sama, kalo aki basah itu harus buka tutup lubang pengisian, ini cuma
ngebuka sealer doang.
- Lepas accu dari motor dan lihat ketinggian air
accu.
- Buka sealer penutup lobang pengisian air accu dengan cara
ditarik.
- Isi airnya pake yang botol (tutup botol) warna biru, jangan
yang merah.
- Setelah diisi, tutup kembali sealer lubang pengisian air
accu. masa ga ditutup. wkwkw
- Accu siap dipasang lagi di motor.
Semoga bermanfaat nya lur.. hehe...
No comments:
Post a Comment